Uji Plagiasi


Uji Plagiasi akan dilakukan secara online sebelum mahasiswa mengajukan sidang skripsi di Jurusan PGSD FIP UNNES

Pengujian seluruh file skripsi dilakukan sebelum Mahasiswa melaksanakan Ujian Skripsi di lingkungan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Salah satu syarat mengajukan pengujian plagiasi adalah sudah mendapatkan persetujuan pelaksanaan Ujian Skripsi oleh Dosen Pembimbing masing-masing dan Ketua Jurusan PGSD FIP UNNES.

Prosedur Pelaksanaan Pengujian Plagiasi:

  1. Sebelum Mengupload file yang akan diujikan ke Turnitin, silahkan Mahasiswa mengecek filenya secara mandiri menggunakan Aplikasi Online Gratis. Untuk meminimalisir Pengembalian berkas hasil Uji Turnitin di PGSD FIP UNNES.
  2. File yang diupload ke semua sistem Plagiasi serta di PGSD adalah file skripsi (Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, serta Bab V yang dijadikan satu file tanpa cover) berformat Word Document (*.doc/ *.docx) dan sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing dibuktikan dengan formulir akhiri bimbingan tertandatangani (cetak formulir klik disini). Apabila tidak terdapat syarat tersebut maka TIDAK AKAN DIPROSES.
  3. Silahkan memberikan nama file dengan format: Uji ke-Nama-NIM contoh: Uji plagiasi ke 1 maka format nama file: 1-Nama Mahasiswa-1401414258
  4. Mahasiswa mengakses link berikut:
  5. Mahasiswa mengisi form yang sudah disediakan.
  6. Proses verifikasi berlangsung 1 hari (apabila tidak ada kendala teknis). Karena tingginya pengecekan turnitin, hasil dapat diterima paling cepat 3 hari setelah Upload di sistem (pada jam kerja).
  7. Jika verifikasi yang diperoleh kurang atau sama dengan 30% maka Mahasiswa dapat mengambil Hasil Cetak (sebagai salah satu syarat mendaftar sidang ujian skripsi) di bagian Tata Usaha (Abtadi) jika sudah mendapatkan pemberitahuan melalui email maupun Whatsapp. Selama masa covid, file akan dikirim melalui email
  8. Apabila hasil verifikasi yang diperoleh lebih dari 30%, maka mahasiswa akan menerima pemberitahuan melalui email. Silahkan membawa USB flash drive untuk mengambil file hasil verifikasi Turnitin untuk memperbaiki skripsi dan mengajukan permohonan ulang verifikasi Turnitin (kembali ke poin 1 -4). Selama masa covid, file akan dikirim melalui email
  9. Permohonan ulang verifikasi Turnitin dilakukan sampai mendapatkan hasil kurang dari 30%. Apabila sudah sesuai dengan peraturan, silahkan membaca pada poin 6.
  10. Mohon tidak mengirikan ulang file apabila belum mendapatkan balasan email, untuk meminimalisir blacklist sistem karena mengirim duplikasi.

Segala sesuatu akan diinformasikan melalui email. Harap membaca sebelum bertanya. (athmea)