Skripsi

Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian Proposal Skripsi dan Ujian Skripsi Online

Diberitahukan kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang, bahwa terhitung mulai tanggal 23 Maret 2020 – 21 April 2020 pelayanan ujian proposal skripsi dan ujian skripsi diatur melalui sistem online dengan alur sebagai berikut.

  1. Pendaftaran ujian proposal skripsi/ ujian skripsi melalui https://pgsd.unnes.ac.id pilih menu skripsi submenu layanan ujian terpadu (termasuk pengunggahan syarat pendaftaran sidang).
  2. Petugas ujian menginformasikan pendaftaran proposal skripsi/ ujian skripsi/ kepada Sekertaris Jurusan PGSD FIP UNNES.
  3. Sekertaris Jurusan menentukan Panitia Ujian Skripsi, kecuali pendaftaran ujian proposal skripsi langsung mendaftarkan jadwal ujian proposal pada laman https://pgsd.unnes.ac.id pilih menu skripsi submenu jadwal ujian dengan syarat sudah menentukan pelaksanaan ujian proposal skripsi dan mengirimkan file proposal skripsi kepada setiap Dosen Pembimbing.
  4. Petugas ujian memberitahukan Dosen Penguji II kepada mahasiswa melalui Email.
  5. Setelah mendapatkan informasi Dosen Penguji II, mahasiswa mengkonfirmasikan kepada setiap Dosen Penguji untuk menentukan waktu pelaksanaan ujian skripsi.
  6. Setelah menentukan waktu pelaksanaan ujian skripsi, mahasiswa mendaftarkan jadwal pelaksanaan ujian skripsi pada laman https://pgsd.unnes.ac.id pilih menu skripsi submenu jadwal ujian.
  7. Pelaksanaan ujian dilaksanakan di tempat masing-masing namun harus memastikan jaringan internet lancar dengan menggunakan metode online dengan link https://meet.google.com atau piranti yang lain dikoordinasikan oleh Petugas ujian. Mahasiswa dan Dosen Penguji akan menerima undangan melalui email untuk melaksanakan ujian skripsi.
  8. Sebelum pelaksanaan ujian skripsi, Petugas ujian skripsi akan melakukan tes jaringan dengan Mahasiswa dan Dosen Penguji maksimal 1 hari sebelum pelaksanaan ujian skripsi.
  9. Pendaftaran ujian tidak perlu mengumpulkan naskah cetak (hard copy), mahasiswa mengirimkan file presentasi ujian dan file naskah ujian dalam format PDF kepada setiap Dosen Penguji. Setelah dinyatakan “Lulus”, mahasiswa tetap mengumpulkan Naskah cetak tertandatangani (hardfile) ketika mengurus validasi akhir kelulusan.
  10. Sehari sebelum ujian mahasiswa mengingatkan para penguji dan memastikan semua penguji sudah menerima file naskah ujian skripsi tersebut.
  11. Borang penilaian ujian skripsi dikirimkan kepada masing-masing Dosen Penguji melalui email oleh petugas.
  12. Setelah ujian, Dosen Penguji dapat memasukkan nilai pada sistem SiTeDi sesuai dengan keadaan biasanya.
  13. Pelaksanaan Ujian Proposal Skripsi dan Ujian Skripsi akan direkam dan di dokumentasikan sebagai bukti otentik pelaksanaan ujian Secara Daring.
  14. Hal lain yang belum terdapat dalam alur ini akan diberitahukan selanjutnya.
  15. Jadwal Ujian Proposal Skripsi dan Ujian Skripsi dapat di lihat pada menu skripsi submenu jadwal ujian skripsi.
  16. Validasi Akhir Kelulusan Jurusan tetap dilakukan seperti biasa, dengan mengkonfirmasikan terlebih dahulu dengan Koordinator Tata Usaha (Dyah Krisnawati- 0857-4128-1060)

Demikian pemberitahuan dari kami, atas perhatian kami sampaikan terima kasih.


Segala kendala teknis dapat menghubungi nomor di bawah ini pada hari dan jam kerja, diluar hari dan jam kerja akan dilayani setelahnya.

  1. Abtadi Tris Hamdani – 0822-2599-0248
  2. Roziqin – 0857-4095-6954