PGSD Semarang FIP Unnes Laksanakan KMD Pramuka Tahun 2019

365 Mahasiswa ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)


Kegiatan Upacara Pembukaan KMD di Kampus PGSD FIP UNNES

Senin, 14 Januari 2019 Pramuka PGSD FIP UNNES melaksanakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang akan dilaksanakan selama 6 hari di kampus PGSD Ngaliyan. KMD merupakan salah satu cara yang harus ditempuh calon guru sebelum menjadi Pembina yang profesional dan berkarakter di sekolah binaan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Semarang telah rutin melaksanakan kegiatan KMD setiap tahunnya. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kak Wihartono sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Cabang Kota Semarang. Acara pembukaan KMD 2019 dihadiri oleh Kak Wagiran selaku Ketua Gugus Depan 14.111 Universitas Negeri Semarang serta Fungsionaris Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Pembukaan KMD secara Simbolis

Kegiatan KMD bertema “Mencetak Pemuda Pemudi menjadi Pembina Berdedikasi Tinggi”, dengan tujuan menjadikan semua peserta KMD menjadi seorang pembina pramuka yang berkemampuan, terlatih, professional, dan berdedikasi tinggi terhadap kepramukaan. KMD 2019 PGSD FIP UNNES pada tahun ini diikuti sebanyak 365 peserta diantaranya 57peserta laki-laki dan 308 peserta perempuan. Selain diikuti oleh mahasiswa PGSD Ngaliyan, peserta juga berasal dari fakultas lain di Universitas Negeri Semarang seperti dari Fakultas Ilmu Sosial serta diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan KMD berada di Kampus PGSD FIP UNNES yang diselenggarakan oleh LK/UKM Pramuka di Jurusan PGSD yaitu Sub Gugus Latih 1 PGSD yang bekerja sama dengan Pusdiklatcab Cakra Baswara Kota Semarang selaku panitia penyelenggara kegiatan KMD di Kota Semarang. Pusdiklatcab Cakra Baswara mengirimkan 42 pelatih untuk pelaksanaan KMD PGSD FIP UNNES 2019 ini.

Mahasiswa Mengikuti Upacar Pembukaan KMD PGSD FIP UNNES

KMD pada tahun ini mengaplikasikan sistem terbaru dari Pusdiklatcab Cakra Baswara yaitu Sistem Segmental, dimana KMD PGSD FIP UNNES merupakan KMD pertama yang menggunakan sistem ini di Kota Semarang. Peserta dilatih untuk bekerja sama melalui dinamika kelompok, pretest dan postest secara online, praktik membina antar teman di dalam kelas, materi dengan keterlibatan langsung peserta, dan juga permainan yang membangun keakraban dan kerjasama serta dapat digunakan untuk mengajar atau membina kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *