Korps Sukarela PMI berada di Jalanan

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Sub Unit Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes) berbaur dengan masyarakat Kota Semarang untuk mengedukasi masyarakat dalam rangka menyongsong peringatan hari HIV/ AIDS Dunia pada tanggal 1 Desember 2019.

Teatrikal di Pancuran Pahlawan, Semarang (24/11/2019)

Minggu , 24 November 2019. KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes laksanakan kegiatan yang bertajuk KSR On The Road  yang bertepatan dengan Car Free Day Kota Semarang di Kawasan Simpang Lima tepatnya di depan patung air mancur Jalan Pahlawan. Bayu Ariyadi selaku Koordinator KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes menayatakan bahwa kegiatan awal dimulai dengan melakukan briefing oleh,semua peserta KSR On The Road. Acara  dimulai pukul 06.00 – 09.00 WIB. Peserta terdiri dari seluruh fungsionaris KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes, perwakilan dari Lembaga Kemahasiswaan PGSD, Unit Kegiatan Mahasiswa PGSD , serta KSR unit lain serta mahasiswa baru PGSD angkatan 2019, imbuh Tio Hernanda Suratin (Ketua Panitia-Red).

Sebelum Teatrikal dilakukan beberapa orang ada yang berkeliling dengan membawa kotak sumbangan dana yang akan diteruskan kepada Komisi Penanggulangan AIDS Kota Semarang serta membagikan bunga dan Stiker untuk kepada para peserta Car Free Day yang melihat saja atau peserta Car Free Day yang menyisikan sebagian hartanya untuk menyumbang. Teatrikal menceritakan seorang penderita HIV/AIDS yang dikucilkan oleh orang-orang karena dianggap sebagai penular penyakit tetapi tidak melihat sisi baik dari penderita. HIV/AIDS yang diintepretasikan tokoh Peri Putih (baik) dan Peri Hitam (jahat). Teatrikal yang berlangsung kurang lebih empat puluh lima menit tersebut dilanjutkan dengan menyanyikan lagu sahabat ODHA dan laskar pelangi. Acara diakhiri dengan Flashmob bersama yang diikuti oleh seluruh peserta KSR OTR dan  jalan arak-arakan menuju ke Masjid Baiturahman.

ODHA yang diperankan oleh beberapa fungsionaris KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes (24/11/2019)

Melalui persembahan Teatrikal dari KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes, diharapkan masyarakat memiliki gambaran atau pengetahuan tentang HIV. Bahwa HIV tidak akan membuat orang menjadi penjahat dan HIV bukan pembawa sial, akan tetapi mereka para ODHA ( penderita HIV/AIDS) membutuhkan orang-orang untuk, merangkul mereka seperti orang biasa. Mari kita minimalkan diskriminasi terhadap OHDA agar mereka dapat mengedukasi orang lain dan berbagi cerita agar HIV/AIDS tidak tersebar meluas..

Foto bersama KRS PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes dengan Peserta Car Free Day

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *